Mengenal Router Mikrotik

Mengenal Router Mikrotik – Sesudah kita menginstall software router OS, pertama kali kita hidupkan, ada banyak cara untuk mengakses router tersebut, diantaranya:

  • Mengakses router lewat CLI (Command Line Interface) lewat telnet, ssh, kabel serial atau menggunakan monitor dan keyboard jika routernya memiliki VGA card.
  • Mengakses router mikrotik lewat Web berbasis GUI.
  • Mengakses router dengan Winbox, ini tool paling populer yang di gunakan untuk meremote mikrotik.

Router mikrotik memilik configurasi pabrikan, kalau saya sebut biasanya configurasi bawaan dari router mikrotik dengan ip bawaan : 192.168.88.1/24 yang di set pada port ether1. Dengan default username : admin dan tanpa password.

Sesudah kita login pertama kali di router mikrotik. Kita disarankan untuk membuat user baru dan password baru, pilih group Full.

Untuk membuat user baru tersebut lewat CLI bisa kita ketikkan

/user
add group=full name=gun

Kemudian login dengan user baru tersebut dan hapus default user admin dan sangat di sarankan agar kita mengikuti cara bagaimana mengamankan sebuah router dan melindunginya dari access yang tidak di izinkan.

Untuk tambahan konfigurasi berikutnya tergantung dari model routerboard yang digunakan, Kebanyakan model RouterBoard pada port ether1 biasanya di set sebagai WAN, komunikasi ke router melewati port lain tidak diizinkan.

Untuk model-model routerboard dengan default configurationnya bisa di lihat di wiki.mikrotik.com

Winbox

Winbox merupakan sebuah tulu yang digunakan untuk mengaksess router Mikrotik lewat MAC atau protocol. Winbox dengan versi terakhir dari mikrotik bisa di download di link berikut

Jalankan winbox jika sudah didownload.

remote router mikrotik via winbox

Klik tombol Neighbors untuk melihat MAC dan ip ke router yang akan kita access.  Winbox akan secara otomatis menangkap ip dan mac address router lain yang ada didalam jaringan. Jika di lihat list router didalam neighbors winbox, kita bisa memilih salah satu router yang akan kita remote, dengan meng-klik mac-address dan menekan tombol Connect.

Winbox akan mendownload plugins dari router. Jika router konek pertama kali dengan versi sesuai versi routernya. Sebagai catatan download plugins tersebut akan membutuhkan beberapa beberapa menit.

Setelah winbox selesai mendownload plugins secara otomatis akan di tampilkan window utama dari router mikrotik.  Jika winbox tidak menemukan router manapun, maka perlu dipastikan bahwa computer yang di gunakan meremote mikrotik harus terkoneksi dengan router lewat kabel ethernet dan di pastikan juga terkoneksi dengan hub/switch yang sama baik komputer maupun mikrotiknya.

Koneksi winbox lewat mac address tersebut bekerja pada Layer2 Osi layer. Hal ini yang menjadikan router dapat di remote tanpa harus mengconfigurasi ip Address.

Koneksi lewat broadcasting mac-address tidak cukup stabil untuk digunakan meremote secara terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *