cara configurasi router mikrotik terminal –  cara configurasi router mikrotik lewat new terminal bukanlah hal yang susah, namun harus di fahami benar dahulu perintah yang akan di gunakan, seperti di kelas komputer sering saya ajarkan bahwa configurasi router mikrotik itu ada bebera langkah utama, diantara langkah-langkah dalam configurasi router mikrotik lewat new terminal yaitu:

Cara Configurasi Router Mikrotik Terminal

  • Tentukan interface yang mengarah ke jaringan publik maupun yang mengarah kejaringan private (lan).
  • Set Ip address kemasing-masing interface, pada bagian ini anda harus mengerti mana network, mana subnetmask, mana client mana gateway, untuk itu di kelas komputer sering saya awal pelajaran jaringan komputer pertama sekali dengan menghitung notasi desimal dan binary digit.
  • Set masquerade, dimana fungsi masquerade ini, agar komputer client dapat berkomunikasi dengan jaringan publik, menggunakan sebuah ip publik.
  • Route, menentukan gerbang utama darimana data itu lewat agar dapat berkomunikasi dengan jaringan publik.
  • Dns jika diperlukan.

Langkah-langkah tersebutlah yang sering saya jabarkan di kelas jaringan, memahami ip address, mengenal interface dan menconfigurasinya.

Untuk mengconfigurasi router mikrotik lewat terminal, kita bisa menggunakan winbox, bisa juga menggunakan software lain seperti putty.exe. Terserah mana yang ingin di gunakan, menggunakan winbox tentu lebih mudah untuk mengontrol dan meremote router mikrotiknya, karena dengan winbox kita bisa memanfaatkan mac-address router untuk diremote, sementara menggunakan putty kita harus configurasi terlebih dahulu ip yang akan di remote. Secara default ip router mikroti 192.168.88.1 dengan user : admin, password: tidak diisi.

Baiklah anggap saja kita sudah meremote mikrotik menggunakan mac-address karena tidak ada ip yang tertanam pada routermikrotiknya, sehingga kita lebih mudah menggunakan winbox untuk meremotenya. Anggap saja kita sudah masuk kedalam router mikrotik, dan tinggal pilih menu NEW TERMINAL.

Anda akan di suguhkan layar terminal berwarna putih, jangan panik layar ini dapat kita gunakan untuk mengconfigurasi router mikrotik, tentunya dengan perintah-perintah yang di fahami oleh si router tersebut.

Untuk perintah pertama, seperti saya sebut sebelumnya, bahwa dalam config router mikrotik kita perlu menentukan mana interface yang mengarah kejaringan publik dan private, perintah yang dapat kita gunakan untuk menentuka manakah interface yang kejaringan publik maupun jaringan private dapat kita berikan:

/ip add pr

Pr pada perintah diatas adalah singkatan dari kata print / cetak.

Jika kita sudah menentukan interface mana yang akan di gunakna ke jaringan public maupun private, langkah berikutnya cara configurasi router mikrotik terminal kita bisa configurasi ipnya, anggap saja source public/internet terletak di ether4 maka perintah untuk menambahkan ip address pada ether4 kita bisa perintahkan new terminal dengan perintah

/ip add add address=192.168.4.254 interface=ether4

Sedangkan untuk yang mengarah kejaringan lan/client/private kita bisa menggunakan perintah yang sama, tentunya tidak boleh menggunakan network di ip address yang sama. Untuk mempermudah bedakan saja network dari ip sebelumnya, jika di ip sebelumnya kita set 192.168.4.254/24 maka untuk client bisa kita set sesuka hati, misalnya di segment 192.168.10.0/24 dengan perintah

/ip address add address=192.168.10.1/24 interface=ether1

yang pasti di ingat dalama cara configurasi router mikrotik terminal, kita tidak boleh menggunakan ip dengan network yang sama di interface yang berbeda, artinya biar lebih mudah di fahami, bahwa masing-masing interface ada baiknya menggunakan ip address dengan network yang berbeda.

Jangan di gunakan ip yang sama juga di interface yang berbeda, ini tidak baik untuk kesehatan jaringan kita, simple nya gunakan ip address dengna network yang berbeda di masing-masing interface yang berbeda.

Langkah cara configurasi router mikrotik terminal berikutnya adalah membuat masquerade, dimana masquerade ini berfungsi untuk mengizinkan jaringan private kita berkomunikasi dengan jaringan publik, misalnya kita bisa mengakses facebook, tak lain sebenarnya salah satu bantuan dari fungsi masquerade ini. Yang mana si masquerade memungkinkan kita menggunakan sebuah ip public menjadi topeng dari beberapa ip private kita agar dapat berkomunikasi di jaringan publik. Simplenya begitu.

Perintah membuat masquerade configurasi router mikrotik lewat new terminal

/ip firewall nat add  chain=srcnat out-interafce=ether4 action=masquerade

Penting di fahami di baris ini adalah out-interface, kita pilih out-interface yang mengarah kejaringan public, atau lebih mudahnya out-interface tidak usah di gunakan misalnya seperti ini.

/ip firewall nat add  chain=srcnat action=masquerade

Cara begini juga hal yang sah-sah saja dalam mengconfigurasi nat mikrotik, apa bedanya ?.

silahkan di search saja soal nat.

Untuk configurasi berikutnya, menentukan gerbang keluar

/ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.4.1

Fungsi dari baris perintah ini adalah, kemanapun tujuan paket data yang dari mikrotik, harus lewat dari ip 192.168.4.1, ip 192.168.4.1 tesebut merupakan gateway dari interface ether4 dimana sebelumnya ipnya telah kita set seperti langkah sebelumnya.

Semoga tulisan singkat cara configurasi router mikrotik lewat new terminal bermanfaat. Wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *