Memisahkan Trafik Browsing Dan Game
Jasa Setting Mikrotik - Memisahkan Trafik Browsing Dan Game - Untuk memisahkan trafik browsing dan game pada mikrotik ini di tulis oleh http://nebulagame.wordpress.com/2010/02/02/mikrotik-pisah-download-browse-dan-game-di-1-line/ . Dan semoga bermanfaat buat kita semua, trik pemisahan seperti ini juga bisa di gunakan untuk trafik lainnya. Seperti SMTP misalnya, atau tergantung mana yang ingin anda prioritaskan koneksinya.
UPDATE
Dari pada menggunakan bentuk ip seperti ini saya lebih suka menangkap ip game online berdasarkan portnya, karena rata-rata warnet sekarang tidak hanya menyediakan game point blank saja. Seperti di tulisan saya memisahkan bandwidth game dan browsing di 1mbps speedy
Contoh buat Point Blank, game lain sesuaikan aja port/ip nya, masih banyak port untuk point blank dan ipnya, silahkan cari di google untuk tambahaan ip game lain dan portnya,
BROWSING 1Mbs bagi rata sekampung (baca: satu jaringan)
DOWNLOAD 256Kbps bagi rata sekampung
GAME seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
POKER seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
UPLOAD seadanya bandwith bagi rata sesuai kebutuhan sekampung
UPDATE
Dari pada menggunakan bentuk ip seperti ini saya lebih suka menangkap ip game online berdasarkan portnya, karena rata-rata warnet sekarang tidak hanya menyediakan game point blank saja. Seperti di tulisan saya memisahkan bandwidth game dan browsing di 1mbps speedy
Contoh buat Point Blank, game lain sesuaikan aja port/ip nya, masih banyak port untuk point blank dan ipnya, silahkan cari di google untuk tambahaan ip game lain dan portnya,
/ip firewall mangle
add chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game \
passthrough=yes protocol=tcp dst-address=203.89.146.0/23 \
dst-port=39190 comment="Point Blank"
add chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game \
passthrough=yes protocol=udp dst-address=203.89.146.0/23\
dst-port=40000-40010
add chain=game action=mark-packet new-packet-mark=Game_pkt \
passthrough=no connection-mark=Game
add chain=prerouting action=jump jump-target=game
POKER
/ip firewall mangle
add chain=forward action=mark-connection \
new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes \
protocol=tcp dst-address-list=LOAD POKER comment="POKER"
add chain=forward action=mark-connection \
new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes \
protocol=tcp content=statics.poker.static.zynga.com
add chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Poker \
passthrough=no connection-mark=Poker_con
BROWSING
/ip firewall mangle
add chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=http \
passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan \
packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Game \
connection-bytes=0-262146 comment="BROWSE"
add chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=http_pkt\
passthrough=no protocol=tcp connection-mark=http
LIMIT DOWNLOAD
/ip firewall mangle
add chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Download \
passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan \
packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Poker_con \
connection-bytes=262146-4294967295 comment="LIMIT DOWNLOAD"
addchain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Download_pkt \
passthrough=no packet-mark=!Game_pkt connection-mark=Download
UPLOAD
/ip firewall mangle
add action=mark-packet chain=prerouting comment="" disabled=no in-interface=Lan \ new-packet-mark=icmp_pkt passthrough=no protocol=icmp src-address=192.168.0.0/24
add chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=Upload \
passthrough=no protocol=tcp src-address=192.168.0.0/24 \
in-interface=Lan packet-mark=!icmp_pkt comment="UPLOAD"
QUEUE
/queue type
name="Download" kind=pcq pcq-rate=256000 pcq-limit=50 \
pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Http" kind=pcq pcq-rate=1M pcq-limit=50 \
pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Game" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 \
pcq-classifier=src-address,dst-address,src-port, \
dst-port pcq-total-limit=2000
name="Upload" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 \
pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
Queue Tree
/queue tree
name="Main Browse" parent=Lan limit-at=0 priority=8 max-limit=1M \
burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Browse" parent=Main Browse packet-mark=http_pkt \
limit-at=0 queue=Http priority=8 max-limit=1M \
burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Game" parent=global-total packet-mark=Game_pkt \
limit-at=0 queue=Game priority=1 max-limit=0 \
burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Poker" parent=global-out packet-mark=Poker limit-at=0 \
queue=Game priority=3 max-limit=0 burst-limit=0 \
burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Download" parent=global-out packet-mark=Download_pkt \
limit-at=0 queue=Download priority=8 max-limit=256k \
burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Main Upload" parent=global-in limit-at=0 priority=8 \
max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Upload" parent=Main Upload packet-mark=Upload \
limit-at=0 queue=Upload priority=8 max-limit=0 \
burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
HASILNYA
BROWSING 1Mbs bagi rata sekampung (baca: satu jaringan)
DOWNLOAD 256Kbps bagi rata sekampung
GAME seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
POKER seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
UPLOAD seadanya bandwith bagi rata sesuai kebutuhan sekampung